Buku Supervisi Akademik Sma Tahun 2017 - Daftar Rpp

Situs Berbagi Rpp Gratis

Buku Supervisi Akademik Sma Tahun 2017

Supervisi akademik secara umum merupakan sumbangan profesional kepada guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga guru sanggup membantu siswa untuk berguru lebih aktif, kreatif, inovatif, efektif, efisein dan menyenangkan. Dalam konteks kurikulum 2013, kualitas proses pembelajaran yang harus ditingkatkan yakni bagaimana guru membantu penerima didik untuk meningkatkan kemampuan kreativitas mereka melalui acara mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring dalam proses pembelajaran.

Dalam konteks Kurikulum 2013, upaya tersebut terutama untuk membuat proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan,menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Oleh alasannya yakni itu prinsip pembelajaran yang dipakai harus mempunyai mengarahkan sebagai berikut.
  1. peserta didik mencari tahu
  2. berbasis aneka sumber belajar;
  3. penggunaan pendekatan ilmiah; 
  4. pembelajaran berbasis kompetensi;
  5. manajemen terpadu; 
  6. pembelajaran dengan tanggapan multi dimensi; 
  7. pembelajaran ketrampilan aplikatif; 
  8. kesimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dengan keterampilan mental (softskills); 
  9. pembelajaran pembudayaan dan pemberdayaan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat; 
  10. pembelajaran yang menerapkan nilai ketaladanan, membangun kemauan, dan menyebarkan kreatifitas; 
  11. pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat; 
  12. pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja yakni guru, siapa saja yakni siswa, dan di mana saja yakni kelas; 
  13. pemanfaatan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan efesiensi efektivitas pembelajaran; dan 
  14. pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya siswa.
Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan/SKL, sasaran supervise pembelajaran meliputi pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi. Kegiatan pengawasan proses pembelajaran secara berkala, terukur dan berkelanjutan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah berkenaan dengan kompetensi supervisi sekaligus sebagai manifestasi kepemimpinan dalam proses pembelajaran akan berdampak pada suksesnya implementasi kurikulum yang akan mengerucut pada peta mutu pembelajaran dan profil mutu guru, oleh alasannya yakni itu melalui acara supervise akademik/pembelajaran penanda itu akan terlihat secara akademik keterukurannya dalam sebuah implementasi kurikulum di sekolah.

Prinsip-prinsip pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai berikut sebagai berikut.
1. Praktis.
2. Sistematis, 
3. Objektif
4. Realistis
5. Antisipatif
6. Konstruktif, 
7. Kooperatif
8. Kekeluargaan
9. Demokratis
10. Aktif,.
11. Humanis, 
12. Berkesinambungan 
13. Terpadu
14. Komprehensif

Dalam melaksanakan acara supervisi akademik tahapan/siklus yang dipakai mengikuti alur kegaiatan pelakasanaan pada pengawasan proses Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. Alur siklusnya meliputi, pemantauan, supervisi, pelaporan dan tindak lanjut, d

Menurut Sahertian (dalam Bahan Ajar Supervisi Akademik) pendekatan yang dipakai dalam melaksanakan supervisi akademik, ada 3, yaitu 
1. Pendekatan Langsung (Direktif) 
2. Pendekatan Tidak Langsung (Non-direktif)
3. Pendekatan Kolaboratif

Pendekatan supervisi akademik yang lain (Achecon, Keith A, at al., 1987) diantaranya yakni berikut.
1. Scientific
2. Artistic
3. Clinic

Metode Supervisi akademik yang biasa dipakai yakni metode pribadi dan metode tak pribadi dan Teknik supervisi akademik terdiri atas dua macam, yaitu teknik supervise individual dan teknik supervisi kelompok

Kegiatan supervisi yakni membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Sasaran supervisi akademik yakni guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, yang terdiri dari bahan pokok dalam proses pembelajaran, pengenalan buku ajar, penyusunan RPP, pemilihan strategi/model/metode/teknik pembelajaran, penggunaan media dan teknologi isu dalam pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran serta penelitian tindakan kelas

Untuk lebih terperinci dan detailnya silahkan anda download Buku Panduan Supervisi Akademik Sekolah Menengan Atas Tahun 2017
Tag : Administrasi
0 Komentar untuk "Buku Supervisi Akademik Sma Tahun 2017"

Back To Top