Buku Ppkn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Daftar Rpp

Situs Berbagi Rpp Gratis

Buku Ppkn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) mempunyai visi dan misi membuatkan siswa menjadi warga negara yang baik yang mempunyai rasa pujian terhadap Negara Indonesia, cinta tanah air, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi di lingkungan rumah, sekolah, dan sekitarnya serta berbangsa dan bernegara. 

Pembelajaran PPKn dirancang sebagai wahana untuk membuatkan keterampilan kurun ke-21 (The 21st Century Skills) biar para guru PPKn menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola dan membuatkan pembelajarannya.

Mata Pelajaran PPKn diperlukan sanggup berfungsi sebagai wahana bagi siswa untuk menumbuhkembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari – hari. Untuk itu pembelajarannya menekankan pada derma pengalaman eksklusif dan tidak eksklusif untuk penguasaan kompetensi yang merepresentasikan perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dicapai sehabis menuntaskan masa belajarnya.

Kompetensi Dasar PPKn disusun sesuai dengan Kompetensi Inti tiap kelas. Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia siswa pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal aneka macam KD pada kelas yang berbeda sanggup dijaga. Rumusan kompetensi inti memakai notasi sebagai berikut:

1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti perilaku spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti perilaku sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik siswa, kemampuan awal, dan ciri khas mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Pengorganisasian ruang lingkup materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikembangkan sesuai dengan prinsip mendalam dan meluas, mulai dari jenjang SD/MI hingga dengan jenjang SMA/MA/SMK/MAK. Prinsip mendalam berarti materi PPKn dikembangkan dengan materi pokok sama, namun semakin tinggi tingkat kelas atau jenjang semakin mendalam pembahasan materi. Prinsip meluas berarti lingkungan materi dari keluarga, teman pergaulan, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara, serta pergaulan dunia. Kedalaman dan keluasan materi sanggup dilihat dari rumusan Kompetensi Dasar.

Buku Siswa ialah buku yang diperuntukan bagi siswa yang dipergunakan sebagai panduan aktifitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku Siswa bukan sekedar materi bacaan, tetapi juga dipakai untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar aktivitas dengan tujuan biar sanggup terselenggaranya pembelajaran kontekstual, artinya siswa sanggup mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Siswa disusun untuk memfasilitasi siswa menerima pengalaman berguru yang bermakna.

Buku Guru ialah panduan bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Buku Guru berisi langkah-langkah pembelajaran yang didesain memakai pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Berikut ini klarifikasi perihal fungsi buku guru. 
  1. Sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa . 
  2. Sebagai contoh aktivitas pembelajaran di kelas 
  3. Penjelasan perihal Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang dipakai dalam proses Pembelajaran
Berikut ialah Ruang Lingkup materi Pokok yang terdapat pada Buku PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017
  1. Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
  2. Norma dan Keadilan
  3. Perumusan dan Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  4. Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika 
  5. Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan 
  6. Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
Bagi teman yang membutuhkan Buku PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 anda sanggup mendownloadnya pada link yang telah tersedia dibawah ini

0 Komentar untuk "Buku Ppkn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Back To Top